Khasiat Tanaman Arbenan

Tanaman arbenan memiliki nama lokal : seladren (Jawa), arbenan, arben leuweng (Sunda), sangkakcao (Jakarta). Nama latin : Duchesnea indica, famili Rosaceae. Nama asing : She mei (Cina), snake strawberry, Indian strawberry.

Termasuk tanaman menjalar dengan banyak cabang dan berakar serabut. Hidup liar di sawah, lading, atau tepi jalan dengan iklim lembab dan cukup sinar matahari. Tumbuh baik di daerah dengan ketinggian 800-1.800 m diatas permukaan laut. Daunnya majemuk, bergerigi, bertangkai panjang. Bunganya jenis tunggal warna kuning dengan diameter 12-15 cm. Buahnya bulat agak lonjong berwarna merah. Tanaman ini tersedia di Kebun pembibitan. Bagian yang digunakan : Seluruh bagian tanaman.

arbenan

Khasiat arbenan : Biasa digunakan sebagai obat luka, bisul, influenza, batuk, demam, sakit tenggorokan, sariawan, TBC kelenjar, hepatitis, disentri, masalah haid dan beberapa jenis kanker (misalnya paru-paru, serviks dll).

Resep sederhana :

1. Untuk perawatan kesehatan sehari-hari : 30-60 g tanaman segar, direbus, diperas, dan diminum airnya.

2. Untuk obat luar (luka, bisul) : Tanaman ditumbuk halus, lalu dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk meredakan bengkak, tanaman kering ditambah arak lalu kompreskan pada bagian tubuh yang bengkak.

3. Disentri : 30 g tanaman direbus, airnya diminum.

loading...
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge