Khasiat Tanaman Begonia untuk Kesehatan Wanita

Nama lokal tanaman ini adalah : begonia (Jawa). Nama latin : Begonia fimbristipulata dari famili Begoniaceae.  Tumbuhan dengan tinggi 15-25 cm, merupakan tanaman liar yang tumbuh di hutan-hutan basah, pada tanah yang lembab atau berhumus, di ketinggian 900-2.300 m diatas permukaan laut. Terna yang sering juga dibudidayakan sebagai tanaman hias ini memiliki akar serabut berwarna putih kotor. Batangnya yang berwarna hijau kemerahan berbentuksilindris, beruas-ruas, bercabang dan merayap di tanah. Daunnya tunggal berbentuk jantung warna hijau keunguan. Bunganya majemuk bentuk payung dengan mahkota seperti kuku warna putih kemerahan. Buahnya berbentuk prisma dan bijinya berupa serbuk halus warna cokelat.

khasiat-begonia

Tanaman begonia tersedia di penjual tanaman hias. Bagian yang digunakan untuk obat :Daun atau seluruh tanaman (segar ataupun kering).

Khasiat begonia :Mengandung saponin, polifenol, dan flavonoid, begonia memiliki khasiat penurun panas, pereda batuk, dan pembersih darah. Bisa digunakan untuk mengobati demam dan sakit saat haid.

Resep herbal sederhana :

  1. Demam : 30 g tanamansegar dicuci bersih lalu direbus dengan 1 gelas air sampai tersisa setengahnya, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari 2-3 kali.
  2. Sakit saat haid : 50 g tanaman segar dicuci bersih lalu direbus dengan 400 ml air selama 15 menit, saring, airnya diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.



One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge