Khasiat Tanaman Ginje untuk Kesehatan

Nama lokal : ginje (Jawa), ki hujan (Sunda), huang hua jia zhu tao (Cina), dan Nama asing yellow oleander. Namalatinnya Thevetia peruviana, dari famili Apocynaceae.

tanaman-ginje

Merupakan tanaman jenis perdu bercabang banyak, berdiri tegak setinggi 2-5 m. Batangnya bergetah warna putih dan beracun. Tanaman asal Amerika kawasan tropis ini sering dipelihara sebagai tanaman hias. Batangnya bulat kehijauan, daunnya panjang meruncing, mengkilap dan kadang-kadang digunakan sebagai tembakau untuk rokok. Bunganya seperti terompet berwarna kuning. Buahnya buah batu berbentuk segitiga, warna hijau mengkilap lalu berubah menjadi hitam, sedangkan bijinya kecil-kecil warna abu-abu.

Tanaman ini tersedia di balai pembibitan. Bagian yang digunakan untuk obat : Daun, biji, tangkai, akar.

Khasiat ginje :Untuk menurunkan badan yang panas, mengatasi radang kulit di jari-jari dekat kuku (cantengan), dan gagal jantung. Digunakan untuk pemakaian luar saja, karena tanaman ini beracun. Meski demikian sekarang sudah ada yang diproduksi dalam bentuk tablet untuk penyakit gagal jantung.

Resep sederhana : Radang kulit pada jari-jari : Daun segar digiling halus dan dicampur rata dengan madu, lalu dioleskan pada bagian yang sakit.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge