Khasiat Tanaman Gobo Sebagai Peluruh Air Seni

Tanaman ini memiliki nama lokal : gobo (Jawa). Nama latin : Arctium lappa, dari famili Asteraceae.

peluruh air seni

Tanaman ini tidak berbatang, tingginya 20-30 cm. akarnya tunggang berbentuk silindris warna putih kehitaman. Daunnya tunggal, berbentuk bulat atau lonjong dengan ukuran relatif besar, panjang 20-30 cm dengan tepi bergerigi, warna hijau bergaris ungu. Bunganya tunggal berbentuk payung dengan kelopak hijau. Bijinya berwarna cokelat tua.

Tanaman ini sering dimasak dengan sayur atau dimanfaatkan sebagai pagar atau tanaman hias. Hidup baik di dataran menengah maupun dataran tinggi dengan tanah yang gembur dan subur.

Tanaman ini tersedia di penjual tanaman hias. Bagian yang digunakan untuk obat adalah akarnya.

Khasiat gobo L akar dan daun gobo mengandung saponin, flavonoid, polifenol dan kardenolin. Biasa digunakan sebagai obat penurun panas dan peluruh air seni.

Resep herbal sederhana :

  1. Penurun panas : 100 g akar gobo dicuci, lalu direbus dengan 200 ml air selama 10 menit, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari 2 kali pagi dan sore.
  2. Peluruh air seni (melancarkan buang air kecil)/anyang-anyangan : 100-200 g akar gobo dicuci, direbus dengan 200 ml air selama 5 menit, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari sekali setiap pagi.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge