Khasiat Tanaman Kara Benguk

tanaman-kara-benguk

Tanaman kara benguk memiliki nama lokal : kara benguk (Jawa), kowas (Sunda), kekara juleh (Melayu). Nama latin : Mucuna pruriens, dari famili Leguminosae.

Tanaman ini termasuk semak semusim dan menjalar. Berakar tunggang, batangnya masif, bulat, warna hijau. Bunga majemuk bentuk tandan, mahkotanya bulat telur warna ungu. Buahnya polong dengan ujung melekuk, warna hitam, sedangkan bijinya pipih warna putih.

Tanaman kara benguk tersedia di pasar tradisional dan balai pembibitan tanaman obat. Adapun bagian yang digunakan untuk obat : Daun dan biji (segar ataupun kering).

Khasiat kara benguk : Tanaman ini mengandung saponin, flavonoid dan polifenol. Daunnya biasa dimanfaatkan sebagai obat luka dan rematik. Kara benguk mengurangi gejala tremor pada Parkinson. Juga meningkatkan gairah lelaki bila menggunakan daun kara benguk yang sudah dikeringkan.

Resep herbal sederhana mengatasi luka : 10 g daun kara benguk dicuci lalu digiling halus, tambahkan ΒΌ sdt kapur lalu aduk rata. Tempelkan pada luka dan tutup dengan perban.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge