Khasiat Tanaman Kenangan Untuk Kesehatan

Tanaman kenangan

Tanaman kenangan memiliki nama lokal : nango, malai kuning (Sumatera), kenanga, wangsa (Jawa), Kananga (Sunda), sandat Kananga, sadat wangsa (Bali), lalangiran, pum-pum, luit (Minahasa). Nama latin : Canangium odoratum, dari famili Annonaceae. Nama asing : ylang-ylang (Inggris).

Pohon kenanga tingginya 5-20 m, batangnya besar dengan diameter 10-70 cm, warnanya hitam kecokelatan berbercak putih. Daunnya tipis, lonjong, sedikit berbulu. Bunganya majemuk dengan 6 mahkota berwarna kuning 3 lembar dan hijau 3 lembar, baunya harum. Tumbuhan ini banyak terdapat di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Tanaman kenangan tersedia di balai pembibitan tanaman, penjual bunga potong. Bagian yang digunakan untuk obat : Bunga, kulit batang.

Khasiat kenanga : Mengandung minyak atsiri, kenanga sering digunakan untuk mengatasi penyakit malaria, asma, bronkhitis dan pengat tubuh setelah melahirkan. Masyarakat pedalaman sering menggunakan daunnya untuk meredakan keringat yang keluar di waktu malam.

Resep sederhana untuk penghilang keringat : Ketika malam hari berkeringat, pagi harinya ambil daun kenanga secukupnya, cuci bersih, lalu remas-remas atau ditumbuk kasar dan usapkan pada bagian tubuh yang berkeringat.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge