Khasiat Tanaman Lenglengan Mengatasi Masalah Kewanitaan

tanaman-lenglengan

Tananaman lenglengan memiliki nama lokal : enceng-enceng, kalengkengan, lenglengan (Jawa), manang betul, sasawi (Sunda), bubuwan (Madura), coro papua (Ternate). Nama asing : caracalla seed, bai hua cai.

Tanaman perdu ini asal Asia Tenggara ini memiliki tinggi 1 meter. Hidup liar dimana-mana, seperti hutan jati, ladang, sawah dan sebagainya. Daunnya majemuk seperti jari. Daunnya di ujung batang bergerombol, berwarna putih atau kuning muda, mekar di malam hari. Buahnya polong dengan biji seperti ginjal. Daunnya biasa dimakan sebagai lalapan atau sayur, atau dibuat asinan.

Tanaman lenglengan tersedia di balai pembibitan tanaman. Bagian yang digunakan untuk obat adalah seluruh bagian tanaman.

Khasiat tanaman lenglengan : bersifat mendinginkan, analgesik, melancarkan peredaran darah. Banyak digunakan sebagai obat rematik, sakit kepala, sakit pinggang, disentri, cacingan, keputihan, batuk berdahak, sakit telinga, wasir, haid tidak teratur, dan dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.

Resep herbal sederhana :

  1. Sakit kepala, sakit pinggang, rematik : Daun secukupnya dihancurkan lalu ditambah sedikit cuka dicampur rata, untuk dibubuhkan pada bagian badan yang sakit.
  2. Keputihan : 15 g daun yang muda dicuci, dipotong-potong, tambahkan gula batu dengan air secukupnya lalu dikukus. Setelah disaring airnya diminum.
  3. Haid tidak teratur : Batang secukupnya dicuci, lalu digiling halus dan diseduh dengan air panas, untuk diminum selagi hangat.
  4. Menambah nafsu makan : 20 lembar daun dikukus sebentar lalu dimakan sebagai lalapan.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge