Khasiat Tanaman Mamang Besar Untuk Kesehatan

tanaman-mamang-besar

Tanaman mamang besar memiliki nama lokal antara lain kutun dan bunga laba-laba. Nama asing : spider plant, zui di hua. Nama latinnya : Cleome spinosa, dari famili Capparridaceae.

Tanaman ini berasal dari Amerika kawasan tropis. Biasanya tumbuh liar atau ditanam khusus sebagai tanaman hias. Mampu hidup di dataran rendah maupun tinggi dengan sinar matahari yang cukup dan udara tidak terlalu panas. Tanaman menahun ini tingginya sekitar 160 cm, bercabang dan memiliki bulu-bulu. Daunnya majemuk seperti jari. Bunganya majemuk keluar dari ujung tangkai berupa tandan, memiliki 4 kelopak dengan benang sari panjang menjuntai mirip laba-laba. Bunga berwarna putih dan ungu. Buahnya kotak bertangkai panjang dengan banyak biji. Pembiakan tanaman dengan biji.

Tanaman mamang besar tersedia di : penjual tanaman hias, balai pembibitan tanaman herbal. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah seluruh bagian tanaman.

Khasiat mamang besar : Memberi efek menghangatkan dan sering digunakan untuk mengatasi rematik, otot-otot yang kaku (badan pegal-linu), kulit memar, melancarkan peredaran darah.

Resep herbal sederhana : lebih baik untuk pemakaian luar. Tanaman secukupnya dicuci lalu dihancurkan dan ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit atau tanaman dicuci lalu direbus, airnya hangat-hangat untuk merendam bagian tubuh yang sakit.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge