Khasiat Tanaman Paku Pandan Untuk Pengobatan Alami

tanaman-paku-pandan

Tanaman paku pandan (jawa) memiliki nama lokal lain seperti : matonda (Makassar), totu pupu, totohu hungu (Halmahera), kusuma jungtutu (Ternate). Nama latinnya adalah : Asplenium prolongatum, dari famili Polypodiaceae.

Tanaman paku-pakuan ini tumbuh liar dibatang pohon atau batu-batuan berlumut pada kawasan dengan ketinggian 900-1.800 m diatas permukaan laut. Terna merambat ini panjangnya 30-50 cm, dengan akar serabutnya berwarna hitam. Batangnya bulat bersisik dan berbulu kasar warna cokelat kehitaman. Daunnya majemuk menyirip dengan anak daun seperti jarum tumpul warna hijau. Sporanya tersebar dibawah anak daun. Pembiakannya dengan spora.

Tanaman paku pandan tersedia di balai pembibitan tanaman obat. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah batang dan daunnya (segar ataupun kering).

Khasiat paku pandan : mengandung saponin dan polifenol, herba ini berkhasiat antibakteri, peluruh air seni, memberisihkan darah dan bisa dimanfaatkan untuk mengobati disentri.

Resep herbal sederhana mengatasi penyakit disentri : 30 g daun dan batang segar dicuci bersih lalu direbus dengan 400 ml air selama 15 menit, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari 2-3 kali.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge