Khasiat Tanaman Parijoto Sebagai Anti Radang dan Anti Bakteri

Tanaman parijoto memiliki nama nama latin : Medinilla speciosa, dari famili Melastomataceae. Perdu tegak setinggi 1-2 m ini aslinya merupakan tumbuhan liar, namun sering juga dibudiayakan sebagai tanaman hias.

Tanaman ini tumbuh baik pada tanah berhumus dan lembab. Di daerah dataran rendah maupun pegunungan. Berakar serabut, batang tanaman ini bulat, bergerigi dan berwarna kecokelatan. Daunnya majemuk, keluar di ketiak daun, warnanya merah muda keunguan. Buahnya buni, bulat, warna merah keunguan dengan biji bulat warna putih.

Tanaman parijoto tersedia di penjual tanaman hias. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah daun dan buah (segar ataupun kering).

Khasiat tanaman parijoto : memiliki efek antiradang dan antibakteri, herba ini bisa digunakan untuk mengatasi diare dan obat sariawan.

Resep herbal sederhana :

  1. Diare : 20 g daun segar dicuci, lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, saring, airnya diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
  2. Sariawan : 20 g daun segar dicuci, lalu ditumbuk halus dan larutkan dalam 100 ml air matang. Gunakan sebagian untuk kumur-kumur dan sebagian lagi diminum.


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge