Khasiat Tanaman Persik Untuk Menjaga Kesehatan

tanaman-persik

Tanaman persik memiliki nama asing : peach dan nama latinnya : Prunus persica dari famili Rosaceae.

Tumbuhan yang sering dibudidayakan sebagai tanaman buah-buahan ini tumbuh baik di dataran tinggi pada tanah yang gembur mengandung zat-zat organik. Berbunga pada bulan Januari-Maret, biasanya dipanen pada musim kemarau. Perdu setinggi 3-4 m berakar tunggang dengan batang bulat, kasar, warna putih kecokelatan. Daunnya tunggal dengan tepi berdiameter 5-8 cm. Selagi muda warnanya hijau, setelah masak hijau kemerahan. Bijinya bulat telur, warna cokelat. Pembiakan lewat biji atau setek batang.

Tanaman persik tersedia di pasar tradisional, pasar swalayan. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah buah dan bijinya karena mengandung saponin dan kardenolin. Memiliki khasiat penurun demam, pencahar, pelancar haid dan pelancar air seni.

Resep herbal sederhana :

  1. Haid teratur : 12 g biji kering direbus dengan 1 gelas air sampai tersisa setengahnya, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari 2 kali pagi dan sore.
  2. Pelancar air seni : 10 g daun segar dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan setiap pagi.


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge