Khasiat Tanaman Purwoceng Gunung

purwoceng gunung

Tanaman purwoceng gunung memiliki latin : Artemisia Lactiflora, dari famili Asteraceae. Tanaman menahun ini tegak sedikit merayap. Tumbuh baik di dataran menengah sampai pegunungan. Akarnya serabut warna putih kekuningan. Batangnya bulat, beruas-ruas, warna hijau keunguan. Daunnya majemuk agak bulat dengan tepi bergelombang, warna hijau keunguan. Bunganya majemuk bentuk tandan, muncul di ujung batang, warna putih gading.

Tanaman purwoceng gunung tersedia di nalai pembibitan tanaman obat. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah daun atau seluruh bagian tanaman (segar ataupun kering).

Khasiat purwoceng gunung : bersifat antiradang dan peluruh air seni. Herba ini mengandung saponin, minyak atsiri, kardenolin dan flavonoid. Biasa digunakan untuk mengatasi masalah haid tidak lancar dan sakit perut.

Resep herbal sederhana :

  1. Sakit perut : 30-60 g daun segar dicuci bersih lalu direbus dengan 200 ml air selama 5 menit, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari 2-3 kali.
  2. Melancarkan haid : 60 g daun segar dicuci bersih lalu direbus dengan 400 ml air selama 10 menit, saring, airnya diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Catatan : Wanita hamil dilarang minum ramuan ini.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge