Khasiat Tanaman Purwoceng

khasiat purwoceng

Tanaman purwoceng memiliki nama latin Pimpinella alpina, dari famili Umbelliflorae. Tanaman ini asli Indonesia, banyak tumbuh terutama di pulau Jawa, misalnya di kawasan gunung Pangrango, Jawa Barat dan Pegunungan Dieng, Jawa Tengah. Memiliki akar tunggang, dimana bagian pangkal membentuk umbi seperti ginseng tapi lebih kecil. Tangkai daun tumbuh rapat menutupi batang. Daunnya majemuk menyirip ganjil dengan tepi bergerigi, warnanya hijau keputihan. Bunganya majemuk membentuk payung, dan pada setiap tandan terdapat 8-15 bunga. Bijinya kecil-kecil, jika masak berwarna hitam. Tanaman berumah satu ini dapat menyerbuk silang.

Tanaman purwoceng tersedia di balai pembibitan tanaman obat. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah akar, batang dan daun.

Khasiat tanaman purwoceng : mengandung antara lain sterol, alkaloid, saponin, kumarin. Tanaman ini sering digunakan sebagai afrodisiak dan meningkatkan stamina tubuh. Dari berbagai penelitian diketahui bahwa purwoceng antara lain bisa meningkatkan hormon testoteron, baik bagi pria maupun wanita. Hormon tersebut berperan besar dalam meningkatkan gairah/birahi, imunitas dan energi. Maka herba ini sering digunakan untuk mengatasi disfungsi ereksi pada pria.

Resep herbal sederhana : Mengatasi disfungsi ereksi : 5 g purwoceng, 5 g jahe merah, 5 g kencur, 20 g baru cina. Semuanya dalam bentuk kering, lalu direbus dengan 1 gelas air, saring. Airnya diminum bersama 1 kuning telur ayam dan 2 sdm madu, setiap malam sebelum tidur.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge