Khasiat Tanaman Puyan Sebagai Herbal Obat Penyakit Kulit

tanaman puyan

Tanaman puyan memiliki nama lain prayon (Jawa). Adapun nama latinnya adalah : Aristolochia debile, dari famili Aristolochia. Merupakan tumbuhan liar di hutan-hutan atau semak belukar pada lahan 100-1.500 m diatas permukaan laut.

Tanaman yang biasanya berbunga pada bulan Juni-September ini termasuk herba menahun yang menjalar. Berakar tunggang warna kuning kecokelatan, batangnya yang membelit warna hijau kecokelatan. Daun tunggal berbentuk jantung dengan ujung meruncing warna hijau. Bunganya tunggal, tumbuh di ketiak daun dengan mahkota berbentuk tabung warna keunguan. Buahnya berbentuk kapsul kecil sedangkan bulat, pipih, bersayap.

Tanaman puyan tersedia di balai pembibitan tanaman obat. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah daun (segar ataupun kering). Khasiat daun puyan : Obat penyakit kulit, kejang perut dan antiracun.

Resep herbal sederhana :

1. Obat penyakit kulit : Daun puyan segar sebanyak 10 g dicuci bersih dan ditumbuk halus lalu tempelkan ke bagian yang sakit.
2. Obat kejang perut : Daun puyan segar sebanyak 5 g dicuci bersih, direbus dengan 400 ml air sampai mendidih selama 15 menit, didinginkan dan disaring. Hasil saringan diminum dua kali pagi dan sore.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge