Membersihkan Darah Kotor dengan Tanaman Remek Watu

tanaman-remek-watu

Tanaman remek watu (jawa) memiliki nama lokal lain : karekah batu (Melayu). Nama latinnya adalah : Hedyotis auricularia, dari famili Rubiaceae.

Tanaman ini sedikit merayap dengan tinggi 20-40 cm. Merupakan tanaman liar yang tumbuh di tepi sawah, kebun, semak belukar, sungai, di dataran rendah sampai pegunugan. Berakar serabut, batangnya bulat beruas-ruas, berbulu, warna hijau kekuningan. Daunnya tunggal, runcing, warna hijau keunguan. Bunganya majemuk, muncul di ketiak daun, warna putih. Bijinya seperti ginjal warna hitam.

Tanaman remek watu tersedia di balai pembibitan tanaman obat. Bagian yang digunakan untuk obat adalah daun dan seluruh bagian tanaman (segar ataupun kering).

Khasiat remek watu : anti radang, anti bengkak, penurun panas, pembersih darah. Herba ini mengandung saponin, kardenolin, alkaloid dan polifenol. Bisa dimanfaatkan untuk mengobati influenza dan darah kotor.

Resep Herbal sederhana :

  1. Membersihkan darah kotor : 20 g tanaman remek watu segar dicuci lalu direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit, saring, airnya diminum sekaligus sehari 2 kali pagi dan sore.
  2. Influenza : 15 g tanaman segar dicuci bersih lalu direbus dengan 200 ml air selama 10 menit, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari 2 kali pagi dan sore.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge