Membuat Herbal Kesehatan dari Tanaman Mrico Lolot

tanaman-mrico-lolot

Tanaman mrico lolot memiliki nama lokal : mrico lolot (Jawa). Nama latinnya : Piper lolot, dari famili Piperaceae.

Tanaman liar yang menyukai habitat lembab, misalnya ditepi sungai atau semak-semak basah, di dataran rendah maupun dataran tinggi. Terna merayap ini tingginya 30-50 cm. Batangnya berkayu dan beruas-ruas, pada ruas yang menempel pada anha keluar akar serabut. Daunnya tunggal, bentuk bulat telur warna hijau mengkilap. Bunganya majemuk berbentuk bulir, warna putih. Buahnya tunggal, bulat telur warna hijau, sedangkan bijinya bulat, warna abu-abu.

Tanaman ini tersedia di balai pembibitan tanaman obat. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah daun atau seluruh bagian tanaman (segar atupun kering).

Khasiat mrico lolot : Bersifat antiradang dan antinyeri, herba ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit kepala, rematik dan untuk menghangatkan badan.

Resep herbal sederhana :

  1. Rematik : 30 g tanaman segar dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, saring, airnya diminum sekaligus.
  2. Sakit kepala : 20 g tanaman segar dicuci, direbus dengan 400 ml air selama 10 menit, saring, airnya diminum sekaligus.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge