Memilih Obat Apotik Gusi Bengkak dan Obat Alaminya

Gusi bengkak hampir dialami oleh semua orang. Namun jangan kuatir karena tersedia obat apotik untuk gusi bengkak dan obat alaminya. Bagaimana sih rasanya gusi bengkak? bagi yang bengkaknya masih kecil rasanya pasti mengganjal dan sedikit sakit. Namun jika dibiarkan, maka akan membengkak lebih besar lagi sehingga pipi kita pun akan terlihat lebih “cubby” atau besar sebelah. Jika bengkak sudah maksimal, rasanya sudah pasti tidak karuan dan bikin uring-uringan sepanjang hari. Aktivitas pun bisa sangat terganggu karena sulit bekerja fokus jika gusi bermasalah.

Gusi bengkak terjadi karena adanya peradangan atau infeksi yang terjadi pada jaringan gusi (gingivitis). Beberapa penyebab gusi bengkak diantaranya :

1. Bakteri di dalam mulut misalnya dari sisa-sisa makanan yang tidak terbuang saat menggosok gigi.

2. Kekurangan vitamin C sehingga berpengaruh kepada kesehatan mulut.

3. Kesalahan dalam pemasangan behel atau kawat gigi.

 

Obat Apotik Untuk Gusi Bengkak

Bagi kamu yang ingin solusi cepat mengatasi gusi bengkak, bisa dengan membeli obat-obatan untuk gusi bengkak di apotik.

1. Obat kumur semacam Listerine atau Hidrogen peroksida (baking soda) bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak jika bengkaknya masih dalam tahap awal. Biasanya cukup dengan sering berkumur saja (pagi, siang, sore, malam) maka dalam beberapa hari bengkaknya akan mengempis dan sembuh.

2. Jika gusi bengkaknya sudah dalam tahap medium dan mulai timbul rasa sakit, harus menggunakan obat analgetik untuk menghilangkan rasa sakit misalnya paracetamol, ibuprofen, metampiron dan sejenisnya. Baca aturan pakai sebelum meminumnya.

3. Obat antibiotik diperlukan jika gusi bengkak sudah dalam tahap parah. Contoh obatnya dexamethasone, cataflam dan lain sebagainya. Sebaiknya berkonsultasi kepada dokter jika dirasa sudah parah.

obat-apotik-gusi-bengkak

 

Obat Alami Untuk Gusi Bengkak

Bagi kamu yang suka dengan obat-obatan alami, ada beberapa cara mengatasi gusi bengkak :

1. Minyak cengkih. Bisa anda beli di toko herbal. Caranya cukup dioleskan saja pada bagian gusi yang bengkak.

obat-alami-gusi-bengkak
2. Berkumur dengan air garam karena air garam memiliki zat antiseptik untuk membunuh kuman dalam mulut.

3. Jeruk nipis + madu dicampurkan lalu oleskan pada gusi yang bengkak.

4. Bawang merah juga ampuh mengatasi gusi bengkak. Cukup dihaluskan lalu oleskan ke gusi yang bengkak.

Demikianlah informasi obat apotik untuk gusi bengkak dan obat alami untuk gusi bengkak. Jika sudah sembuh, jagalah kesehatan gigi dan mulut anda dengan sering menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur serta gunakan obat kumur antiseptik untuk hasil yang lebih sempurna dalam membasmi bakteri pada mulut. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge