Mengatasi Infeksi Saluran Kemih dengan Herbal Tanaman Paku Sepat

Tanaman paku sepat memiliki nama lokal lain : pakis kinca (Jawa),  paku andam (Sunda). Adapun nama latin tanaman paku sepat adalah: Nephrolepis cordifolia dari famili Polypodiaceae.

Tanaman ini tingginya sekitar 20-70 cm, tumbuh baik ditempat yang lembab, misalnya di batubatu berlumut atau batang pohon yang lembab. Tumbuhan ini sering dibudidayakan sebagai tanaman hias. Memiliki akar serabut, batangnya merayap diatas tanah, licin, warna cokelat kemerahan. Daunnya majemuk berbentuk lonjong dengan ujung dan pangkal tumpul. Sporanya tersebar di sepanjang tepi bawah daun.

Tanaman paku sepat tersedia di pPenjual tanaman hias. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah seluruh bagian tanaman (segar ataupun kering).

Khasiat tanaman paku sepat : memiliki khasiat antibakteri dan penurun panas, sering digunakan untuk mengobati sakit disentri, demam, infeksi saluran kemih.

Resep herbal sederhana :

  1. Infeksi saluran kemih : 30 g tanaman segar dicuci, direbus dengan 2 gelas air selama 10 menit, saring, airnya diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
  2. Demam : 15 g akar paku sepat segar dicuci, lalu direbus dengan 200 ml air selama 5 menit, saring, airnya diminum sehari 2-3 kali.


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge