Mengatasi Masalah Kecantikan dan Kesehatan Dengan Temulawak

Kesehatan Dengan TemulawakTemulawak mungkin sudah banyak dikenal masyarakat sebagai jamu. Tumbuhan khas asia tenggara ini memiliki bentuk yang unik karena daunnya yang menyatu dengan batang. Temulawak juga termasuk umbi-umbian yang bisa tumbuh secara liar. Temulawak memiliki banyak kandungan kimia herbal seperti karbohidrat, kurkumin dan juga minyak astiri. Khasiat yang paling populer dari tumbuhan bernama latin Curcumin Xanthorriza ini adalah untuk penambah nafsu makan. Oleh karena itu, kandungan kurkuma atau temulawak biasa kita temui di komposisi jamu penambah nafsu makan untuk anak.

Selain mengonsumsinya dari jamu yang sudah tersedia atau obat penambah nafsu makan yang diproduksi di pabrik, anda juga bisa membuat jamu temulawak yang anda olah sendiri untuk anak anda. Caranya adalah menumbuk 25 gram temulawak jangan sampai halus tapi cukup sampai memar saja, kemudian masukkan kedalam 600 ml air dan rebus bersama 10 gram asam jawa dan gula merah sesuai selera untuk menambah rasa. Setelah mendidih, saring airnya dan tunggu sampai dingin sebelum di konsumsi.

Selain untuk menambah nafsu makan, tumbuhan temulawak juga bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit maag anda. Caranya hampir sama dengan membuat jamu untuk menambah nafsu makan, yaitu dengan merebus temu lawak yang telah dimemarkan. Hanya saja, tidak perlu mencampurnya dengan asam jawa dan gula merah jika anda ingin menjadikan temulawak sebagai obat maagh. Untuk menambah rasa, anda bisa menambahkan madu saat air temulawak siap diminum. Konsumsi satu gelas setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Organ lain yang juga bisa dijaga kesehatannya oleh khasiat dari tumbuhan temulawak adalah hati. Temulawak bisa menjadi hepatoprotektor atau zat yang bisa melindungi organ hati anda dari racun. Untuk perlindungan organ hati, anda bisa mengolah temulawak dengan cara memarut temulawak kemudian mencampurkan sedikit air sebelum anda memeras ampas temulawak untuk mendapatkan air sarinya. Campurkan air sari temulawak tersebut dengan 400 ml air putih kemudian didihkan dan konsumsilah airnya setelah dingin.

Temulawak juga bisa dijadikan pilihan untuk memperbanyak ASI bagi ibu menyusui selain dari daun katuk. Untuk memperbanyak asi anda tidak perlu merebus temulawak,  yang harus anda lakukan adalah memarut temulawak sampai benar-benar halus kemudian menyaring sarinya. Campurkan air sari temulawak dengan tepung sagu kemudian tuangkan air panas secukupnya sampai tekstur terlihat seperti bubur. Untuk penambah rasa, anda bisa menambahkan gula merah pada bubur temulawak ini. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Penyakit lain yang bisa diatasi dengan temulawak juga adalah penyakit gangguan ginjal. Untuk ramuan temulawak satu ini, campurkan temulawak dengan 1 genggam daun kacabeling segar dan gula merah untuk menambah rasa. Cara pengolahannya sangat sederhana sekali, yaitu anda tinggal mencuci semua bahan kemudian langsung memasukkannya kedalam 1 liter air dan rebus sampai mendidih. Seperti biasa, ambil airnya dan dinginkan lalu konsumsi secara teratur.

Bagi anda yang mengalami masalah kecantikan yang sangat umum yaitu jerawat dan banyak diderita oleh kaum perempuan maupun laki-laki, temulawak juga bisa membantu masalah anda. Caranya pengolahan temulawak untuk jerawat juga sangat sederhana, yaitu anda tinggal merebus temulawak yang telah dimemarkan bersama dengan 4 gelas air putih. Setelah mendidih, ambil airnya dan dinginkan. Untuk hasil yang maksimal, anda disarankan untuk mengonsumsi ramuan temulawak ini secara rutin sebanyak dua kali setiap harinya.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge