Mengatasi Radang Sendi Dengan Melati Kosta

melati-kosta

Tanaman melati kosta (Jawa) memiliki nama latin : Brunfelsia uniflora, dari famili Solanaceae.

Melati kosta sering digunakan sebagai tanaman pagar atau tanaman hias, tumbuhan ini termasuk perdu tegak setinggi 1-2 m dengan akar tunggang warna putih kehitaman. Tumbuh baik di lahan yang kaya sinar matahari, di dataran rendah maupun dataran tinggi. Batangnya bulat bercabang banyak, warna hitam kecokelatan. Daun tunggal warna hijau. Bunganya tunggal, berkelompok di ketiak daun, warna putih keunguan. Buahnya bentuk kapsul warna hijau keunguan dengan biji bulat pipih warna cokelat.

Tanaman ini tersedia di penjual tanaman hias. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah daun dan akar (segar ataupun kering).

Khasiat melati kosta : Daun dan akarnya mengandung saponin dan polifenol sedangkan daunnya mengandung kardenolin. Memiliki khasiat antibengkak dan antiradang, herba ini bisa digunakan untuk mengobati radang sendi dan kulit bengkak.

Resep herbal sederhana :

  1. Radang sendi : 60 g akar melati kosta dicuci bersih lalu direbus dengan 400 ml air selama 10 menit, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari 2 kali, pagi dan sore.
  2. Kulit bengkak : 50 g daun melati kosta dicuci bersih, lalu digiling halus dan tempelkan pada bagian yang sakit, lalu dibalut dengan perban. Ganti jika ramuan mengering.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge