Mengetahui dan Mengobati Asam Urat Secara Alami

Penyakit asam urat biasanya diderita oleh orang-orang yang sudah berusia di atas 30 tahun. Tapi, bukan berarti pula anak-anak muda tidak bisa terkena penyakit yang satu ini. Karena, asam urat juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan, sehingga kemudian bisa pula diderita oleh orang-orang yang berusia di bawah 30 tahun. Oleh karena itu, setiap orang juga perlu hati-hati dan menjalankan pola hidup yang sehat agar tidak terkena penyakit asam urat.

Asam urat sendiri secara ilmiah disebut juga artritis gout, yang merupakan senyawa heterosiklik karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen. Asam urat ini akan terbentuk jika terlalu banyak zat purin yang masuk ke dalam tubuh dan kemudian melalui metabolisme. Pada awalnya, penyakit asam urat ini memang tidak terlalu berbahaya. Namun, tetap juga harus segera diobati, dengan cara termudah misalnya mengobati asam urat secara alami.

Asam urat yang dibiarkan terus di dalam tubuh, akan menumpuk pada persendian, sehingga lama-kelamaan akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada sendi, bahkan bisa hingga membengkak dan meradang. Ginjal yang bertugas mengeluarkan asam urat ini dari tubuh juga akan kesulitan jika jumlahnya terlalu banyak. Pada kasus yang lebih parah, malah bisa berkembang menjadi penyakit batu ginjal, yang akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal.

Untuk mengetahui penyakit asam urat ini, penderitanya harus melakukan pemeriksaan di laboratorium. Biasanya, kadar asam urat yang normal pada pria adalah sekitar 3,5-7 mg/dl, dan 2,6-6 mg/dl pada wanita. Selain itu, penyakit asam urat juga ditandai dengan gejala seperti rasa nyeri pada sendi jari kaki, lutut, tumit, siku, serta jari dan pergelangan tangan, yang terjadi berulang-ulang kali pada malam atau pagi malam hari setelah bangun tidur.

Jika Anda pernah merasakan gejalan seperti itu, maka sebaiknya segeralah berkonsultasi ke dokter. Selain menggunakan pengobatan secara medis, Anda juga bisa memilih pengobatan tradisional dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang bisa berkhasiat untuk mengobati penyakit asam urat. Berikut ini ada lima jenis bahan makanan yang bisa mengobati asam urat secara alami dengan cara yang mudah dilakukan.

  1. Makan makanan yang kaya vitamin C
    Vitamin C diketahui mampu mengurangi asam urat dalam tubuh dan melarutkannya dalam darah dengan mudah. Untuk itu, konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin C, seperti buah jeruk dan stroberi. Selain itu, buah jeruk nipis juga dapat melarutkan tubuh dari asam urat, dan perasannya bisa membantu membuang racun dari dalam tubuh.
  2. Minum susu rendah lemak
    Produk susu rendah lemak dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh secara alami. Susu rendah lemaka seperti ini bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan mengonsumsi yogurt.
  3. Banyak minum air mineral
    Selain untuk mencukupi kebutuhan air bagi tubuh, meminum air dalam jumlah yang cukup banyak juga bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh, termasuk asam urat.
  4. Makan buah cherry
    Buah cherry mengandung zat anthocyanin yang merupakan sifat anti-inflamasi paling ampuh untuk mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh, sehingga bisa berkurang secara alami.
  5. Mengonsumsi makanan dengan potasium
    Makanan yang mengandung potasium tinggi, seperti kentang dan pisang, juga diketahui cukup efektif dalam mengurangi asam urat di dalam tubuh. Makanan ini bisa dinikmati langsung secara mentah, atau dikukus terlebih dahulu. Tidak hanya itu, jagung juga punya khasiat yang sama. Selain itu, yogurt ternyata juga mengandung potasium yang tinggi.

Jika belum cukup, masih ada juga jenis buah dan sayur-sayuran lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati asam urat secara alami, seperti tomat, belimbing wuluh, buah naga, labu kuning, serai, sawi putih dan hijau, serta jahe. Kemudian, penderita asam urat juga perlu memperbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, roti dan singkong, serta mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula dan permen.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge