Mengobati Bengkak dengan Tanaman Paku Sarang Burung

Tanaman paku sarang burung memiliki nama lokal : kadaka (Jawa), paku sarang burung (Sumatera). Adapun nama latinnya : Neottopteris nidus, dari famili Polypodiaceae.

Tanaman paku sarang burung merupakan tanaman liar yang tumbuh di batang pohon, tapi sering juga dibudidayakan sebagai tanaman hias. Terna menahun ini tingginya 30-100 cm. Berakar serabut, batangnya berupa rizoma pendek, bersisik rapat, warna cokelat kehitaman. Daunnya tunggal berbentuk pita, panjangnya 30-150 cm, warna hijau muda mengkilap. Memiliki spora rapat di bagian bawah daun, warna cokelat.

Tanaman paku sarang burung tersedia di penjual tanaman hias. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah daunnya (segar ataupun kering).

Khasiat tanaman paku sarang burung adalah sebagai ntiradang dan melancarkan aliran darah. Herba yang mengandung flavonoid dan kardenolin ini bisa dimanfaatkan sebagai obat luka memar atau kulit bengkak.

Resep herbal sederhana :

  1. Mengobati bengkak : 15 g daun segar dicuci lalu ditumbuk halus, campur dengan sedikit anggur, kemudian bubuhkan pada bagian yang sakit.
  2. Luka memar : 15 g daun segar dicuci lalu direbus dengan 1 gelas air selama 10 menit, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari 2 kali pagi dan sore.


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge