Mengobati Infeksi Kulit Dengan Herbal Tanaman Godong Racun

Tanaman godong racun memilki nama lokal lain seperti racunan (Jawa), kastuba ki geulis (Sunda), senok, puring, benggala (Sumatera), kedapa (Bali). Nama latinnya Euphorbia pulcherima, dari famili Euphorbiaceae. Nama asingnya christmas flower, eastern flower, poinsettia (Inggris), yi ping hong (China).

Tanaman ini berasal dari Meksiko. Tumbuhan ini sering digunakan sebagai tanaman hias. Tumbuh baik dengan warna daun cemerlang di ketinggian tanah 600 m diatas permukaan laut. Termasuk perdu tegak berkayu dan bercabang serta mengeluarkan getah putih. Daunnya tunggal bertangkai berbentuk lonjong dengan ujung lancip. Bunganya majemuk bentuk lanset seperti cawan, berwarna merah atau kuning. Buahnya kotak warna hijau yang berubah menjadi cokelat. Tanaman ini memiliki banyak varietas hasil persilangan dengan daun lebih lebar dalam warna merah, merah muda dan putih.

Tanaman godong racun tersedia di penjual tanaman hias. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah semua bagian tanaman.

Khasiat tanaman godong racun antara lain mengandung alkaloid, saponin, sulfur, lemak, amylodekstrin. Tanaman ini bisa digunakan untuk mengatasi infeksi kulit, melancarkan ASI, patah tulang, luka, bengkak, melancarkan haid.

Resep herbal sederhana :

  1. Infeksi kulit : daun secukupnya, dicuci, digiling halus lalu dioleskan pada bagian yang sakit.
  2. Melancarkan ASI : 10-15 g bunga segar dicuci, direbus, airnya diminum secara teratur.


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge