Mengobati Kencing Manis Secara Alami Dengan Lamtoro

tanaman-lamtoro

Tanaman lamtoro memiliki nama lokal : kemelandingan, pelending, pete cina, selamtara, kalandingan (Jawa), pete selong, pete cina (Sumatera). Nama latin : Leucaena glauca, dari famili Mimosaceae. Nama asing : yin he huan (China), wild tamarin (Inggris).

Tumbuhan asal Amerika kawasan tropis ini termasuk pohon kecil dengan tinggi sampai 10 m. Umumnya tumbuhan liar, namun sering juga ditanamn untuk pagar atau peneduh. Bisa tumbuh di dataran rendah maupun tinggi (sampai 1.500 m diatas permukaan laut) dan menyukai sinar matahari. Daunnya majemuk menyirip berbentuk lanset. Bunganya majemuk seperti bonggol bertangkai, berwarna putih kekuningan. Buahnya polong, pipih, dengan banyak biji. Daun dan bunga yang masih muda biasa dimasak sebagai sayur. Pembiakan tanaman dengan biji atau setek.

Tanaman lamtoro ersedia di kebun pembibitan. Adapun bagian yang digunakan sebagai obat : Seluruh bagian tanaman, biji (khusus biji dikeringkan dan digiling menjadi bubuk).

Khasiat lamtoro : Mengandung antara lain vitamin A, B1 dan C, kalsium, fosfor, besi. Tanaman ini sering digunakan sebagai obat radang ginjal, kencing manis, peluruh haid, patah tulang, bisul, luka, susah tidur, cacingan.

Resep herbal sederhana :

  1. Kencing manis : 2 sdt bubuk biji diseduh dengan 1 cangkir air panas, diminum hangat, sehari 2 kali @½ cangkir.
  2. Bisul, luka : Tanaman segar digiling halus, lalu dibubuhkan pada bagian yang sakit.
  3. Susah tidur : 5-10 g tanaman segar direbus dengan 1 gelas air untuk diminum.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge