Mengobati Kudis Secara Alami dengan Tanaman Mindi Kecil

tanaman-mindi-kecil

Tanaman mindi kecil memiliki nama lokal : gringging, cakra-cikri (Jawa), mindi kecil, renceh (Sumatera). Nama latin : Melia azedarach, dari famili Meliaceae.

Tanaman mindi kecil merupakan pohon setinggi 10-20 m dengan banyak cabang. Berasal dari China, tumbuhan ini merupakan tanaman liar tapi biasa juga ditanam sebagai pohon pelindung. Bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Daunnya majemuk menyirip. Bunganya majemuk dengan mahkota 4 helai, berwarna ungu muda dan beraroma wangi. Buahnya batu, bulat berwarna cokelat kekuningan dengan biji satu. Biji yang beracun sering digunakan untuk meracuni ikan atau serangga. Pembiakan dengan biji.

Tanaman mindi kecil tersedia di balai pembibitan tanaman herbal/ obat. Adapun bagian yang digunakan untuk obat : Daun, kulit batang, kulit akar (segar ataupun kering).

Khasiat mindi kecil : Memiliki efek mendinginkan, peluruh air seni, mengusir cacing. Sering dimanfaatkan sebagai obat cacingan, gatal (scabies), eksim, keputihan.

Resep herbal  sederhana :

  1. Scabies (kudis) : Bubuk dari kulit batang atau kulit akar dicampur dengan cuka lalu dibubuhkan pada kulit yang sakit. Kulit batang atau kulit akar direbus, airnya untuk mencuci kulit yang sakit.
  2. Cacingan : 100-120 g kulit batang atau kulit akar direbus, saring, airnya diminum.

Catatan : Penderita liver atau ginjal tidak disarankan menggunakan mindi sebagai obat karena dapat menyebabkan timbulnya lemak pada hati atau ginjal.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge