Mengobati Luka Bakar dengan Tanaman Bakungan

Tanaman ini memiliki nama lokal bakungan lili paris (Jawa). Nama latin : Hymenocallis littoralis dari famili Amaryllidaceae. Herba yang satu ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Biasanya tumbuh liar di tepi jalan pada ketinggian 100-1.500 m diatas permukaan laut.

tanaman-bakungan

Tumbuhan tak berbatang ini berumbi lapis, berakar serabut, tingginya 0,5-1 m. Daunnya tunggal berbentuk pita panjang dan tebal dengan permukaan mengkilat, warna hijau. Bunganya majemuk, keluar di ketiak daun, mahkotanya berbentuk pita warna putih. Buahnya kapsul, berdaging, warna hijau dengan biji pipih, bersayap, warna putih.

Tanaman ini tersedia di penjual tanaman hias. Bagian yang digunakan untuk obat daun segar.

Khasiat bakungan :Daunnya mengandung saponin, kardenolin, dan polifenol, berkhasiat sebagai antiradang dan antiseptik, bisa dimanfaatkan untuk mengobati rematik serta luka bakar.

Resep sederhana :

  1. Rematik : 60 g bakungan segar dicuci bersih lalu ditumbuk halus, dan ditempelkan pada bagian yang sakit, kemudian dibalut dengan kain.
  2. Luka bakar : 60 g daun segar dicuci bersih lalu ditumbuk halus, tambahkan sedikit tepung sehingga terbentuk seperti pasta, lalu tempelkan pada luka dan dibalut dengan kain.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge