Mengobati Malaria dengan Tanaman Kwalotan

Tanaman kwalotan memiliki nama lokal : kwalotan (Jawa). Nama latin : Bursera simaruba, dari famili Burseraceae. Perdu menahun setinggi 2-3 m ini merupakan tanaman liar yang hidup di hutan atau semak belukar, terutama di daerah tropis. Berbunga sepanjang tahun, terutama di musim kemarau.

tanaman-kwalotan

Memiliki akar tunggang warna kuning kecokelatan, batangnya silindris dan bercabang. Daunnya majemuk menyirip warna hijau. Bunganya majemuk berbentuk bulir yang muncul di ketiak daun, warna putih. Buahnya tunggal, bulat, warna ungu tua, setelah masak dengan biji bulat kecil-kecil.

Kwalotan tersedia di balai pembibitan tanaman obat. Bagian yang digunakan untuk obat adalah daun dan kulit batang (segar ataupun kering).

Khasiat kwalotan : Tanaman ini mengandung saponin, alkaloid dan tanin. Memiliki khasiat antimalaria dan melancarkan haid.

Resep herbal sederhana :

1.    Malaria : 30-60 g daun segar dicuci bersih lalu direbus dengan 400 ml air selama 15 menit, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari 2-3 kali.

2.    Haid tidak teratur : 20 g kulit batang kwalotan dicuci bersih lalu direbus dengan 400 ml air selama 10 menit, saring, airnya diminum 2 kali sehari pagi dan sore.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge