Mengobati Penyakit Kulit dengan Tanaman Ceguk

Tanaman ini memiliki nama lokalnya : kacekluk, cekluk, wedani, bidani, kunyit rabet, rabet besi (Jawa), tikao (Sulawesi), dani, wudani (Sumatera). Dengan Nama asing shi jun zi (Cina), Chinese honey suckle (Inggris). Nama latinnya Quisqualis indica dari famili Combreatceae.

khasiat-tanaman-ceguk

Tumbuh sebagai perdu merambat dengan panjang sampai 8 m. Tanaman asal Asia Tenggara ini biasa tumbuh liar dimana-mana, namun biasa juga ditanam sebagai tanaman hias atau herbal untuk obat. Daunnya tunggal berbulu warna cokelat kekuningan, bentuknya bulat telur atau oval. Bunganya bulir dengan 5 helai mahkota, warnanya kemerahan cenderung ungu dan berbau harum. Buahnya persegi lima, yang sudah masak berwarna cokelat tua, dan rasanya seperti buah kelapa. Pembiakan dengan cara setek batang atau sebar biji.

Tanaman ini tersedia di penjual tanaman hias, Balai pembibitan tanaman herbal/ obat.Bagian yang digunakan untuk obat :Biji, buah, akar, daun.

Khasiat tanaman ceguk : sering digunakan sebagai obat cacing (terutama untuk anak-anak), sakit perut, perut kembung, radang ginjal, batuk, sakit kepala, antitumor, dan penyakit kulit.

Resep herbal sederhana :

  1. Penyakit kulit karena jamur : Buahnya digiling halus, tambahkan minyak kelapa lalu oleskan pada kulit yang sakit.
  2. Sakit kepala : Daun digiling halus, lalu ditempelkan pada dahi atau bagian kepala yang sakit.
  3. Cacingan (untuk anak-anak) : 2 jari akar dan gula jawa secukupnya direbus dengan 2 cangkir air sampai tersisa 1 cangkir, untuk diminum sebelum tidur.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge