Mengobati Rematik dengan Tanaman Bunga Karang

Bunga karang memiliki nama lokal : wijen alas (Jawa), bunga karang (Melayu). Nama latin : Hedyotis uncinella, dari famili Rubiaceae. Tanaman ini merupakan tumbuhan semak yang tumbuh liar di tepi-tepi jalan atau tepi hutan di ketinggian 800-2.300 m di atas permukaan laut.

tanaman-bunga-karang

Tanaman ini tumbuh tegak setengah merayap dengan akar serabut. Batangnya bulat beruas-ruas, berbulu, warna hijau kemerahan. Daunnya tunggal berbentuk lonjong dengan ujung meruncing. Bunganya tunggal berbentuk bonggol, warna putih gading. Buahnya tunggal berbentuk bulat, sedangkan bijinya bentuk lanset.

Tanaman ini tersedia di balai pembibitan tanaman obat. Bagian yang digunakan untuk obat :Daun, seluruh bagian tanaman (segar ataupun kering). Khasiat bunga karang : antiradang, antirematik, peluruh kemih. Bisa dimanfaatkan untuk mengobati rematik, luka karena gigitan binatang berbisa, dan melancarkan air seni.

Resep herbal sederhana :

  1. Rematik : 30-60 g tanaman segar dicuci, lalu direbus dengan 1 gelas air sampai tinggal setengahnya, saring, airnya diminum sekaligus.
  2. Luka karena gigitan hewan berbisa : 60 g daun segar dicuci, lalu di tumbuk, dan di bubuhkan pada bagian yang sakit.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge