Mengunjungi Mekkah dari Serambinya di Sabang

Kota Sabang berada di titik paling utara di kepulauan Indonesia. Orang Islam di Aceh sangat memimpikan agar aturan-aturan Islam bisa dimasukkan kedalam hukum yang berlaku, oleh karena itu Sabang dan juga Aceh dikenal dengan nama serambi Mekkah. Selain itu, saat mengunjungi Sabang ataupun Aceh, anda pasti bisa melihat budaya Islam yang sangat kental disini layaknya anda melihat budaya Islam di Mekkah. Bahkan penjajah Belanda pernah sangat sulit untuk menaklukkan Aceh karena kuatnya pendirian rakyat Aceh dan juga kuatnya syari’at Islam di Aceh.

Pada jaman penjajahan Belanda, popularitas Sabang di mata internasional lebih tinggi daripada pelabuhan Tamasek atau yang sekarang kita kenal dengan Singapura. Apalagi setelah pemerintah Belanda menerapkan bebas pajak untuk kapal yang berlabuh di Sabang. Banyak pedagang yang berlabuh lama di Sabang karena pulau ini memiliki cadangan air tawar yang paling banyak diantara pulau-pulau kecil lainnya. Sabang juga dijadikan tujuan terpenting oleh tentara Jepang untuk dikuasai yang mengakibatkan Sabang pada saat itu harus dihujani bom oleh Sekutu untuk mengusir Jepang dari Sabang.

Sekarang ini, Sabang menjadi kota tujuan wisata karena merupakan daerah paling utara di kepulauan Nusantara, selain dari kelebihan-kelebihan yang sudah dimiliki Sabang sejak lahir. Ada banyak lokasi wisata alam yang bisa anda kunjungi di Sabang, salah satunya adalah Iboih. Iboih memiliki hutan wisata dan pantai yang memiliki dermaga dengan pemandangan dramatis. Airnya berwarna hijau jernih di tepian dan biru jernih di tengahnya. Di tepian dermaga, anda bisa menyaksikan terumbu karang yang terlihat jelas dari air yang jernih.
Sedangkan Hutan Wisata Iboih adalah hutan hujan tropis yang masih sangat rapat dan menjadi rumah bagi berbagai hewan yang dilindungi mulai dari reptil kecil dan reptil besar, monyet sampai burung dara nicobar yang tidak akan anda temui di bagian lain Indonesia. Anda juga bisa menengok Octopus dan Stringrays sambil menikmati alam bawah laut Sabang dengab snorkeling.

Bagi anda pecinta snorkeling, anda juga bisa mengunjungi Taman Laut Pulau Rubiah yang terletak tidak begitu jauh dari Pantai Iboh. Di taman laut ini anda bisa menemui berbagai terumbu karang yang indah dan hewan-hewan laut seperti gigantic clams, angel fish, school of parrot fish,lion fish sea fans dan lain-lain. Perairan Taman Laut Pulau Rubiah ini juga terkenal dengan kejernihannya. Dari atas perahu, anda bisa melihat keadaan bawah laut sampai 25 meter dalamnya.

Selain wisata bahari dengan menikmati kekayaan bawah laut, di Sabang anda juga bisa mengunjungi Gua Pantai yang sangat menantang para pecinta gua. Untuk menjelajahi gua ini, anda harus didampingi pemandu lokal karena lokasi dan medan yang cukup sulit untuk dijangkau. Gua ini juga dihuni kelelawar, ular dan berbagai macam burung.

Ada satu pantai lagi di Sabang yang akan membuat anda merasa sangat jauh dari kehidupan nyata, yaitu Pantai Sumur Tiga. Pantai ini seperti surga, bayangkan anda berada diantara pohon kelapa yang menjulang dan melengkung, lalu ombak dari laut yang biru jernih bergulung menghampiri pasir putih yang hangat. Beberapa perahu tradisional nelayan menghiasi pantai yang tropis. Di pantai ini selain bisa menikmati udara pantai yang tropis dan memanjakan mata dengan pemandangan yang tidak ada duanya, anda juga bisa menikmati kekayaan bawah lautnya dengan snorkeling dan diving.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge