Obat Alami Untuk Mengobati Perut Kembung

obat perut kembungPerut kembung merupakan kondisi dimana adanya gas yang berlebihan pada saluran pencernaan, yakni lambung serta usus. Pada kondisi normal, asam yang dihasilkan di lambung berfungsi untuk membantu pencernaan dalam pengolahan makanan. Namun saat produksi asam tersebut secara berlebih dari yang dibutuhkan, maka bisa menyebabkan perut kembung serta begah. Perut kembung bisa terjadi karena berbagai sebab, seperti udara yang tertelan, mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan kembung, sembelit, perubahan hormon, terlalu banyak mengkonsumsi kopi atau alkohol dan penyebab lainnya.

Perut kembung cukup mengganggu aktifitas, karena menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Berikut adalah beberapa obat untuk perut kembung yang bisa anda lakukan. Antara lain yakni :

1. Pengobatan Luar
Ketika anda mengalami perut kembung atau begah, anda dapat mengobatinya dengan mengoleskan minyak atau obat yang bisa memberi efek hangat pada bagian perut. Misalnya mengolesi perut menggunakan minyak kayu putih, balsem, minyak tawon dan sejenisnya.

2. Mengobati Kembung menggunakan Jahe
Selain mengatasi kembung dengan pengobatan luar, bisa juga diatasi menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya adalah jahe. Cara membuat obat untuk perut kembung dari jahe untuk yakni siapkan jahe sebanyak 3 potong lalu cuci hingga bersih. Memarkan jahe yang sudah bersih dengan cara dipukul hingga gepeng. Masukkan jahe tersebut dalam gelas yang sudah diisi air panas, tambahkan gula secukupnya dan aduk rata hingga gula larut. Minum ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat.

3. Mengobati perut kembung menggunakan Jeruk nipis
Jeruk nipis dipercaya dapat mengatasi kondisi perut yang kembung. Caranya adalah peras jeruk nipis secukupnya, kemudian disaring untuk diambil airnya. Tambahkan minyak telon beberapa, atau bisa juga menambahkan minyak kayu putih, campur hingga merata. Usapkan campuran tersebut ke seluruh bagian perut.

4. Bawang merah
Salah satu bumbu dapur ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk perut kembung. Caranya juga sangat mudah, siapkan beberapa siung bawang merah kemudian parut dan tambahkan minyak telon, atau bisa juga menggunakan minyak kayu putih. Kemudian tempelkan campuran tersebut pada bagian pusar. Dan anda akan merasakan efek hangat pada perut anda.

5. Mengatasi perut kembung menggunakan enzim pencernaan
Penggunaan beberapa enzim ini untuk mengatasi perut kembung atau begah, yang diakibatkan karena rasa kenyang yang berlebih, atau karena salah dalam mengkonsumsi makanan. Enzim tersebut yakni bromelain, pankreatin, dan empedu sapi (dalam kemasan biasanya tertulis ox bile). Beberapa merk dari enzim tersebut diantaranya adalah Pankreoflat, Tripanzym, Enzyplex, Vitazym, Benozym dan Xepazym.

6. Mengatasi Perut Kembung dengan Penyerap gas atau anti flatulen
Untuk mencegah gas yang ada di dalam perut agar tidak menyebabkan kembung serta begah, bisa dengan diberi obat penyerap gas. Beberapa obat yang digunakan yaitu simetikon atau dimetilpolisiloksan (Dysflatil) dan Simetikon (dimetilpolisiloksan).

Demikian beberapa obat untuk perut kembung. Semoga bermanfaat.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge