Obat Herbal Indonesia untuk Menyembuhkan Kolesterol

herbal indonesiaKolesterol merupakan komponen lemak yang terdapat pada pembuluh darah manusia. Banyak orang yang memiliki kadar kolesterol yang terlalu tinggi, akhirnya mengalami penyakit jantung dan stroke, yang bisa berujung kepada kematian. Kolesterol tinggi memang sangat membahayakan kesehatan, karena dapat menyumbat pembuluh darah. Oleh karena itu, perlu diobati dengan beragam jenis obat, termasuk obat herbal Indonesia.

Pada dasarnya, kolesterol sebenarnya bermanfaat sebagai sumber energi, bahan dasar untuk pembentukan hormon steroid, dan untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh. Kolesterol sendiri terdiri atas dua jenis, yaitu kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik, dan kolesterol LDL yang merupakan kolesterol jahat. Kadar kolesterol LDL ini terlalu tinggi dan tidak seimbang dengan kolesterol HDL inilah yang dapat menyebabkan penyakit.

Respetor LDL sebenarnya juga berguna untuk mengatur kolestrol darah. Tapi, kolesterol LDL ini terlalu banyak, maka dapat menyebabkan endapan di dinding pembuluh darah, sehingga pembuluh darah menyempit dan aliran darah pun jadi tidak lancar. Sel-sel perusak yang terkandung di dalam kolesterol LDL itu akan menempel dan menumpuk di dinding pembuluh darah, yang kemudian dapat memperkecil diameter pembuluh darah.

Pada perkembangannya, plak tersebut akan bercampur dengan protein, serta ditutupi oleh sel-sel otot dan kalsium. Jika hal tersebut terjadi hingga dalam jangka waktu bertahun-tahun, maka akan mengakibatkan terjadinya atherosclerosis, atau pengerasan dan penyempitan pembuluh darah. Ini akan menyebabkan suplai oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh jadi terhambat, dan lama-kelamaan mendatangkan resiko penyakit jantung.

Untuk menurunkan kadar kolesterol LDL tersebut ada beberapa obat yang bisa dikonsumsi, salah satunya adalah obat herbal Indonesia. Obat herbal ini diramu khusus dari bahan-bahan alami, yakni kulit manggis dan daun sirsak. Manggis merupakan salah satu buah-buahan yang banyak mengandung senyawa Xanthone, sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Sedangkan, ekstrak kulitnya mampu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Menurut hasil penelitian Dachriyanus dari Jurusan Farmasi Universitas Andalas, Padang, proses derivasi Xanthone dalam kulit manggis menghasilkan alfa-mangostin, yang mampu meningkatkan aktifitas enzim lipoprotein lipase. Enzim ini kemudian akan menghidrolisis LDL menjadi asam lemak dan gliserol. Hasilnya, kadar low density lipoprotein akan menurun, sedangkan kadar kolesterol HDL akan meningkat.

Sebagai kolesterol baik, kolesterol HDL akan bertugas mengambil kolesterol jahat dan fosolipida dari darah. Kemudian, kandungan tersebut akan dibawa kembali ke hati oleh lipoprotein. Lemak yang masih berguna akan diedarkan kembali melalui darah, sedangkan lemak jahat yang mengandung kolesterol LDL akan dikeluarkan dari tubuh. Sehingga, kadar lemak dalam darah pun tidak akan berlebihan lagi, dan aliran darah pun berjalan lancar.

Selain itu, kulit manggis juga memiliki banyak khasiat lainnya. Menurut peneliti dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor, Dr Indah Yuliasih, kulit manggis yang diolah menjadi jus dapat menghambat proses penuaan, melancarkan peredaran darah, dan sebagai anti-kanker. Jadi, kulit manggis tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol secara alami dan cepat, tapi juga memiliki manfaat lainnya yang lebih banyak.

Sementara itu, daun sirsak dalam obat herbal Indonesia ini dapat menurunkan kolesterol tinggi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr Aji Suranto, SpA, seorang praktisi apitherapy di Perhimpunan Dokter Indonesia, ditemukan fakta bahwa kandungan niasin atau asam nikotinat pada daun sirsak mampu menurunkan kadar lemak, serum trigliserida, serta kolesterol LDL dalam percobaannya terhadap tikus yang diinduksi STZ.

Wajar saja, jika ramuan kulit manggis dan daun sirsak banyak dikonsumsi orang belakangan ini, untuk menumpas kolesterol tinggi yang dapat mengakibatkan banyak penyakit. Salah satu obat herbal yang teerbuat dari kulit manggis dan daun sirsak tersebut adalah Ace Maxs, yang saat ini banyak dijual, baik di pasaran maupun secara online. Hasilnya, sudah terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol secara alami.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge