Pesona Bromo, Pemandangan Puncak Gunung Ditengah Lautan Awan

gunung bromoBerada diatas awan mungkin pernah ada dalam impian orang, terutama dalam imajinasi masa kecil. Kita pernah disuguhi dingeng-dongeng yang bercerita tentang negeri diatas kayangan, negeri diatas awan. Negeri diatas awan itu ternyata ada di kehidupan nyata, tepatnya di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Kawasan ini berada ditengah empat kabupaten yang sama-sama ingin wilayahnya menjadi bagian dari kawasan wisata Bromo, yaitu Malang, Probolinggo, Lumajang dan Pasuruan. Berada di ketinggian 2.392 diatas permukaan laut, anda akan membutuhkan jaket tebal, sarung tangan dan penutup kepala untuk menjaga suhu tubuh anda tetap stabil saat berada di kawasan wisata Bromo ini.

Tidak sulit untuk mencapai kawasan wisata gunung Bromo. Kawasan ini sudah terkenal sebagai salah satu wisata terbaik di Pulau Jawa. Ada banyak perusahaan travel yang menawarkan paket wisata untuk kemudahan anda saat berwisata di kawasan gunung Bromo. Paket yang paling populer dan paling diminati adalah paket Bromo Sunrise Tour, dimana anda akan diajak mendaki gunung di subuh hari untuk dapat menyaksikan momen matahari terbit dari puncak gunung. Saat inilah anda akan melihat pemandangan yang lebih indah daripada dongeng negeri kayangan atau negeri diatas awan yang pernah memenuhi masa kecil anda.

Bukan hanya anda akan merasa berada diatas awan, anda juga akan melihat puncak-puncak gunung muncul seperti pulau-pulau di lautan awan, dan yang paling penting adalah momen matahari terbit yang akan membuat sekaliling anda berwarna kuning cerah dan awan gelap mulai terlihat terang. Ini adalah hari baru bagi negeri diatas awan. Pastikan anda tidak melewatkan momen matahari terbit saat mengunjungi kawasan wisata gunung Bromo. Walaupun anda harus memulai perjalanan sedini mungkin untuk melihat matahari terbit, biasanya jam 4 pagi dari hotel, rasa ngantuk dan lelah pasti akan hilang setelah anda melihat pemandangan ini. Berbagai jajanan khas dan juga kopi dan teh hangat banyak dijajakan untuk menemani anda menikmati hari baru diatas awan. Anda akan menikmati matahari terbit di puncak gunung Penanjakan yang menghadap ke puncak gunung Bromo. Anda akan menikmati matahari terbit dari puncak gunung Pananjakan.

Selain lautan awan, anda juga akan disuguhi pemandangan yang tak kalah indah yaitu lautan pasir seluas sepuluh kilometer yang mengelilingi kawah gunung Bromo yang mengepulkan asap ke langit. Saat inilah anda bisa mengunjungi puncak gunung Bromo dengan cara melakukan perjalanan selama 1 jam ke kaki gunung bromo menggunakan Jeep. Dari kaki gunung Bromo ini, anda masih harus melanjutkan perjalanan sejauh 2 KM dengan menggunakan Jeep atau berjalan kaki. Untuk mencapai puncak gunung Bromo dan melihat kawahnya, anda masih harus menaiki sekitar 250 anak tangga. Setelah itu, anda bisa melihat kawah gunung Bromo yang mengepulkan asap dari dekat. Pemandangan kawah yang mengepulkan asap ini adalah pemandangan langka di Indonesia maupun di dunia, inilah yang membuat kawasan wisata Bromo semakin spesial.

Jika anda beruntung, anda juga bisa menyaksikan upacara adat suku Tengger yaitu Upacara Kasodo yang hanya dilakukan di hari-hari tertentu untuk meminta panen yang berlimpah dan menjauhkan berbagai penyakit dengan cara melemparkan sesaji kedalam kawah gunung. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan wisata Bromo adalah pada musim kemarau yang biasanya jatuh pada bulan Mei sampai Oktober untuk mendapatkan pemandangan yang sempurna dan maksimal di gunung Bromo.



One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge