Pesona Wisata Alam Kota Sumedang

Kota kecil Sumedang memang terkenal dengan makanan khas Tahu Sumedang. Keberadaanya di antara Kota Bandung dan Cirebon yang masuk ke wilayah Jawa Barat. Rupanya kota ini banyak dikunjungi oleh kalangan wisatawan yang hendak menuju ke daerah wisata lainnya, seperti Bandung atau Bogor.

Seperti yang kita tahu bahwa Kota Sumedang mempunyai keindahan alam begitu mempesona. Selain itu, udara yang disuguhkan sangat sejuk dan menyegarkan sehingga cocok untuk dijadikan wisata berlibur bersama keluarga. Nah, bagi anda yang butuh referensi tempat wisata alam di Kota Sumedang, berikut ulasan selengkapnya.

 

1.Gunung Kunci

Gunung Kunci yang berada di sebelah barat alun-alun Kota Sumedang atau berjarak sekitar 250 meter. Wisata alam ini mempunyai pesona alam yang menakjubkan, sehingga banyak dikunjugi oleh wisatawan. Di kawasan ini terdapat gua peninggalan Belanda yang dahulunya dijadikan sebagai benteng pertahanan masyarakat Sumedang. Hanya di tempat wisata inilah, anda bisa menikmati udara yang cukup sejuk dan freh untuk suasana liburan.

gunung-kunci

 

2. Kebun Teh Margawindu

Kebun Teh Margawindu yang menawarkan hamparan perkebunan teh begitu menghijau. Lokasinya di kawasan perbukitan Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan. Anda pun bisa mencapai tempat wisata menggunakan mobil atau motor pribadi. Di sepanjang jalan anda akan disuguhi pemandangan alam dan melewati hutan selama 30 menit. Suasana yang ada di kebun teh ini lebih alami dan eksotis, karena pemandangan bukit terhampar luas.

kebun-teh-kemuning

 

3. Situ Biru Cilembang

Situ Biru Cilembang yang menyuguhkan air bening dan berwara biru cukup eksotis. Tempat wisata ini masih sangat terjaga keasriaannya, karena belum banyak terjamah. Bahkan uniknya di telaga ini airnya bisa digunakna untuk bercermin. Lokasi wisata sangat tersembunyi, yakni di sebuah Desa Hariang, Kecamatan Buahdua Sumedang. Namun anda tidak diperbolehkan untuk berenang di kawasan telaga. Hal ini karena airnya masih berfungsi sebagai sumber air minum masyarakat sekitar.

situ-biru-cilembang

 

4. Curug Sindulang

Selanjutnya adalah Curug Cinulang yang terletak di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Air terjun ini berada pada ketinggian 30 meter. Maka tak heran jika lokasi wisata tersebut memiliki udara yang benar-benar sejuk. Menariknya, Curug Sindulang dikenal sebagai air terjun kembar yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumedang. Ketenangan wisata alam yang romantis karena berada di tengah hutan.

curug-sindulang

 

5. Pemandian Cipanas Cileungsi

Satu lagi tempat wisata alam di Sumedang yang bernama Pemandian Cipanas Cileungsi. Keberadaan pemandian air panas ini terletak di sekitar Cipanas Sekarwangi, tepatnya terletak di desa Cilangkap kecamatan Buah Dua di sebelah utara kota Sumedang. Tentu saja air panas tersebut sangat alami karena mengandung belerang yang tinggi, sehingga bisa dijadikan pengobatan bagi penyakit tertentu.

air-panas-cileungsi

Demikian ulasan pariwisata tentang Pesona Alam Tempat Wisata di Kota Sumedang. Jangan lupa anda menikmati segala objek wisata Sumedang yang terkenal dengan alam cukup menyejukan dan ketenangan saat berlibur. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi para traveller.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge