Pola Makan untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami

makanan sehatSekarang ini ada banyak cara alternatif yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Beberapa di antaranya yang sedang populer adalah mengonsumsi obat-obatan. Tapi, kebanyakan obat-obatan penurun berat badan yang beredar di pasaran ternyata mengandung bahan kimia, yang dapat menimbulkan efek samping dalam jangka panjang. Oleh karena itu, harus waspada melakukannya, atau pilih saja cara menurunkan berat badan secara alami.

Selain itu, juga ada orang-orang yang melakukan sedot lemak. Pilihan ini juga tidak lebih bagus, karena selain harganya yang mahal, juga memiliki efek samping yang dapat mengganggu kesehatan. Cara yang alami pada akhirnya menjadi pilihan yang tepat, misalnya dengan mengatur pola makan. Selain tidak butuh biaya besar, juga dapat menjaga kesehatan. Berikut ini ada beberapa pola makan untuk menurunkan berat badan secara alami.

1. Jangan memakan junk food

Jenis makanan yang satu ini sangat banyak mengandung kalori, dan sebagian besarnya mengandung lemak yang sangat tidak sehat untuk tubuh. Bahkan, dalam satu porsi junk food bisa mencukupi kebutuhan jumlah kalori seorang manusia dewasa dalam satu hari.

2. Hindari konsumsi goreng-gorengan

Makanan yang digoreng juga banyak mengandung lemak yang dapat meningkatkan kolesterol, sehingga mengakibatkan terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus.

3. Kurangi porsi makan

Jika Anda menginginkan tubuh yang ideal dan sehat, maka mulailah dari sekarang untuk mengurangi porsi makan, dengan menyisihkan setengahnya dari piring. Cara ini mungkin sedikit agak sulit dilakukan, terutama jika sudah terbiasa dengan porsi makannya selama ini.

4. Banyak mengonsumsi buah dan sayur

Sebagai ganti konsumsi nasi, Anda bisa memperbanyak memakan buah-buahan dan sayur-sayuran. Makanan ini biasanya mengandung banyak vitamin dan serat yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, serat juga bisa mengikat lemak, sedangkan vitamin memberikan gizi.

5. Ganti konsumsi nasi putih dengan beras merah

Ini merupakan cara lain yang juga harus dilakukan pada makanan Anda. Beras merah juga termasuk dalam karbohidrat kompleks yang dapat mengenyangkan. Tapi, untuk mencernanya, butuh waktu yang lebih lama, sehingga tubuh akan menggunakannya sebagai energi.

6. Biasakan minum air putih sebelum makan

Meminum air putih sekitar 5-10 menit sebelum makan, bisa membantu untuk mengurangi rasa lapar. Sehingga, secara tidak langsung, porsi makan Anda selama ini berangsur-angsur bisa mulai dikurangi. Selain itu, air putih juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

7. Tinggalkan minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi juga mengandung banyak kalori, sama seperti junk food. Gula yang menjadi salah satu bahannya memberikan sumbangan terbanyak hingga 250 kalori. Semua kalori itu akan menyebabkan timbunan lemak dalam tubuh, yang dapat memicu penyakit.

Itulah beberapa tips yang mudah dilakukan untuk mengatur pola makan Anda dalam rangka menurunkan berat badan secara alami. Jika ditambah dengan pola hidup yang sehat, maka semua upaya tersebut akan semakin lengkap. Olahraga menjadi pilihan utama untuk menerapkan gaya hidup sehat tersebut. Lakukanlah olahraga setiap hari sekitar 45 menit hingga 1 jam. Anda bisa membiasakan berolahraga ringan yang gampang dilakukan.

Dengan rutin berolahraga setiap hari, akan membantu membakar kalori dalam tubuh, sehingga bisa lebih cepat menurunkan berat badan. Selain itu, berolahraga juga bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Pada akhirnya, usaha-usaha yang tidak akan menguras isi dompet Anda itupun, akan memberikan berat badan yang ideal yang diimpi-impikan selama ini. Selain memberikan rasa percaya diri yang tinggi, juga dapat menjaga kesehatan tubuh Anda.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge