Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Penyakit Maag

Sangat banyak sekali ramuan tradisional Indonesia yang terbukti cukup ampuh dalam mengatasi permasalahan kesehatan. Ramuan tradisional itu dibuat dengan bahan-bahan yang alami, dan biasanya tidak mengakibatkan efek samping seperti jika mengonsumsi obat-obatan modern. Karena, obat-obatan medis dibuat dari bahan-bahan kimia, yang jika dikonsumsi secara terus-menerus, atapun dalam jumlah banyak, malah akan sangat berbahaya.

Salah satu ramuan tradisional yang masih banyak dipakai orang secara mandiri adalah untuk mengobati sakit maag. Penyakit ini sendiri biasanya terjadi karena adanya gangguan dalam lambung, yakni kadar asam lambung yang mengalami peningkatan. Penyebabnya bisa bermacam-macam, tapi yang biasanya sering terjadi karena akibat pola makan yang tidka teratur. Berikut ini ada enam ramuan tradisional sebagai obat maag yang mudah dilakukan.

1. Air Kunyit

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa air kunyit memang memiliki banyak khasiat sebagai obat maag. Ramuan ini bisa menetralkan dan mengurangi asam lambung, serta menghilangkan rasa sakit dan mengobati infeksi atau iritasi pada selaput lendir lambung. Selain itu, air kunyit juga dapat mengurangi rasa sakit akibat otot dinding lambung yang kejang. Makanya, resep alami paling banyak dikenal penduduk Indonesia sebagai obat maag.

Untuk mendapatkan khasiatnya itu dalam mengobati sakit maag, ambil dua ruas kunyit, lalu kupas kulitnya dan cuci sampai bersih. Kemudian, diparut dan diperas dengan bantuan air matang, untuk diambil sarinya. Setelah itu, minumlah sari kunyit tadi sebanyak dua kali sehari setiap pagi dan sore. Maka, dalam beberapa hari, khasiat air kunyit tersebut akan mulai terasa, dan sakit maag akan mulai menurun. Minum ramuan itu secara rutin dalam beberapa hari.

2. Bubur kacang hijau

Kacang hijau juga diyakini memiliki banyak manfaat sebagai ramuan tradisional Indonesia untuk sakit maag. Khasiat kacang hijau ini adalah mampu menebalkan lapisan lambung, dan bisa menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Cara mengonsumsinya, olah kacang hijau menjadi bubur kacang hijau. Tapi, jangan menggunakan santan, dan jangan terlalu lama memasaknya. Kemudian, makan bubur kacang hijau itu setiap pagi dan sore secara rutin.

3. Sari ketela pohon

Ketela pohon ternyata juga berkhasiat untuk menghilangkan rasa sakit akibat penyakit maag. Untuk mendapatkan khasiatnya itu, ambil ketela pohon yang telah dikupas kulitnya, lalu parut dan cuci sampai bersih. Setelah itu, peras parutan ketela pohon tadi, hingga tersisa sari patinya saja. Kemudian, biarkan mengendap, dan makan secara teratur setiap pagi dan sore. Terus konsumsi endapan sari ketela pohon itu selama beberapa hari, sampai khasiatnya terasa.

4. Tepung pisang raja

Pisang raja diketahui mengandung antitukak peptik, yang dapat melindungi selaput lender dari iritasi dna infeksi akibat peningkatan asam lambung. Caranya, cari pisang raja yang sudah tua tetapi belum matang, lalu potong dalam ukuran kecil seperti keripik. Kemudian, jemur potongan-potongan pisang raja tadi hingga kering. Setelah itu, diblender atau ditumbuk hingga menjadi tepung, dan minum dua sendok dengan dicampur madu asli untuk satu kali.

5. Batang tanaman lidah buaya

Tanaman ini memiliki kandungan resin, aloin emodin, tanin, dan polisakarida, yang dikenal bagus untuk pengobatan sakit maag. Selain itu, ada pula kandungan zat Aloctin A yang mampu menghambat sekresi asam lambung. Untuk menggunakan ramuan ini, ambil satu batang lidah buaya yang agak besar, kupas kulitnya hingga tersisa sedikit lendir, dan dicuci sampai bersih. Setelah itu, tinggal dimakan. Selain itu, juga bisa diblender terlebih dahulu.

6. Susu kambing

Jika yang lain berasal dari tumbuhan-tumbuhan, maka ramuan tradisional Indonesia untuk obat sakit maag yang satu ini berasal dari binatang, yaitu berupa susu kambing. Susu kambing disebut-sebut memiliki basa yang bisa menetralkan asam lambung yang berlebihan di dalam tubuh. Sebagai obat untuk sakit maag, maka minumlah segelas susu kambing secara teratur setiap hari. Jangan pernah berhenti, hingga sakit maagnya benar-benar pulih.



Tags:
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge