Resep Herbal Darah Tinggi dengan Tanaman Paku Pedang

tanaman paku pedang

Tanaman paku pedang memiliki nama latin : Microsorum buergerianum, dari famili Polypodiaceae. Tanaman paku pedang merupakan tumbuhan paku liar yang tumbuh baik di dataran tinggi (1.000-2.000 m diatas permukaan laut). Hidup menempel pada pohon, batu berlumut atau tebing yang lembab. Berakar serabut, terna merayap ini panjangnya 1-3 m. Batangnya bulat, berambut kaku dan bersisik warna cokelat kehitaman. Daunnya tunggal berbentuk lonjong meruncing. Pembiakan tanaman ini dengan spora yang berada di bagian bawah daun.

Tanaman paku pedang tersedia di balai pembibitan obat. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah daun dan batangnya baik segar ataupun kering.

Khasiat tanaman paku pedang adalah memiliki khasiat antiradang dan antibakteri. Herba ini biasa digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan infeksi saluran kemih.

Resep herbal sederhana :

  1. Tekanan darah tinggi : 60 g daun dan batang paku pedang dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit, airnya diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
  2. Infeksi saluran kemih : 30 g daun paku pedang segar dicuci, lalu direbus dengan 200 ml air, saring, airnya diminum sekaligus.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge