Resep Herbal dari Tanaman Bugenvil untuk Kesehatan

Nama lokal tanaman ini : Bugenvil atau bunga kertas. Nama latin : Bougainvillea glabra Choicy. Famili : Nyctaginaceae. Nama asing : Ye zi hua (Cina). Konon penemu tanaman ini adalah perwira angkatan laut dari Perancis, Louise Antoine de Bougainville. Termasuk tanaman perdu berbatang kayu dan berduri, sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias atau pagar. Tumbuh baik di iklim tropis yang kaya matahari dan lebih baik jika tumbuh di dtaran tinggi. Tinggi tanaman asli Brazilia ini bisa mencapai 15 m. Daunnya tunggal berbentuk hati atau bulat telur. Bunganya seperti terompet, tumbuh berkelompok, dan memiliki aneka warna, seperti ungu, merah, jingga, kuning, dan putih. Perbanyakannya dengan cara setek atau cangkok batang.

tanaman-bugenvile

Tanaman bugenvil tersedia di kebun pembibitan, penjual tanaman hias. Bagian yang digunakan :Bunga dan batang. Khasiat bugenvil :Mengandung saponin dan polifenol, bugenvil sering digunakan untuk mengatasi masalah keputihan, haid tidak teratur, penyakit hepatitis, dan penyegar tubuh.

Resep herbal sederhana :

  1. Untuk penyegar badan (perawatan kesehatan sehari-hari) : 15 g bunga segar, dicuci, direbus dengan 3 gelas air, saring, airnya diminum, sehari 2 kali pagi dan sore.
  2. Hepatitis : 15 g batang tanaman yang sudah dikeringkan, rebus, saring, dan minum airnya.



One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge