Stop! 5 Kebiasaan Ini Saat Anda Mencuci Muka!

Mencuci Muka

Sebelum memulai aktivitas dan untuk mengakhirinya, dilakukan pembersihan kulit wajah dengan menggunakan facial wash atau sabun cuci muka. Dengan begitu, mencuci muka menjadi hal sakral yang terus dilakukan wanita sehari-hari.

Namun justru karena mencuci muka dilakukan setiap hari, ada ‘petaka’ yang membuntuti mereka. Adalah kesalahan yang sering dilakukan mereka setiap kali mencuci wajah yang menjadikan kegiatan yang seharusnya penuh manfaat ini memberikan efek samping bagi kondisi kulit mereka, mulai dari menjadikan kulit kering, berjerawat, komedo membandel, hingga munculnya jamur dan tanda-tanda penuaan.

Anda pasti tidak ingin satupun dari hal tersebut terjadi pada wajah anda, bukan? Untuk itu, segera hentikan kebiasaan buruk saat mencuci muka yang sudah terdaftar di bawah ini untuk menyelamatkan diri anda.

  1. Menggunakan produk facial wash yang salah

Dalam mencuci muka, maka sabun pencuci muka menjadi benda yang paling penting untuk diperhatikan selain kebersihan air. Sebab, kandungan yang ada di dalam sabun inilah yang akan memberikan pengaruh pada kulit wajah. Mencuci muka bukan sekedar soal membusai wajah untuk membersihkannya. Anda harus mengetahui jenis kulit anda berikut kebutuhannya, sehingga anda dapat menemukan produk dengan kandungan yang tepat.

Di samping itu, anda juga tidak bisa sembarangan menggunakan sabun yang biasa anda gunakan untuk memandikan badan sebagai pencuci muka. Sebab, pH kulit wajah tentu berbeda dengan tubuh anda. Untuk itu, anda juga harus memakai sabun khusus untuk wajah. Bila anda sembarangan memilih sabun pencuci muka, anda bisa mendapatkan ‘bonus’ berupa iritasi atau komedo.

  1. Menggunakan air yang terlalu panas

Sesekali mencuci wajah dengan air hangat memang baik, namun pastikan bahwa kulit anda mampu menahan panasnya. Tidak ada yang menjelaskan bahwa semakin panas air maka semakin baik efeknya untuk kulit. Yang ada, kerusakan bisa terjadi pada jaringan kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi sangat kering, bersisik, dan gatal. Cukup gunakan air yang hangat-hangat kuku untuk mencuci wajah, namun air bersuhu ruang akan lebih baik.

  1. Mencuci muka terlalu sering

Kegiatan mencuci muka yang dimaksudkan untuk membersihkan wajah hanya perlu dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu di pagi hari sebelum mengaplikasikan pelembab dan makeup, kemudian di malam hari setelah membersihkan wajah dari riasan dan kotoran. Jika anda melakukan lebih sering lagi hingga lima kali dalam sehari, wajah hanya akan menjadi sangat kering, atau bisa juga menyebabkan kelebihan minyak pada wajah semakin parah. yang berlebihan memang tidak baik, ya.

  1. Ekspresi berlebihan

Saat mencuci wajah, anda mungkin banyak melakukan gerakan wajah seperti memiringkan bibir ke kanan dan ke kiri, mengerucutkannya, juga mengendurkannya untuk menyesuaikan dengan pijatan jari anda pada kulit. Hal ini jika keseringan dilakukan dengan gerakan berlebihan akan mengurangi elastisitas kulit dan membuatnya lebih cepat mengendur. Untuk itu, berlatihlah untuk membuat ekspresi wajah yang biasa saja saat mencuci muka agar kulit wajah tidak banyak tertarik sehingga lebih cepat mengalami penuaan.

  1. Mengeringkan wajah dengan handuk untuk badan

Proses terakhir untuk menutup kegiatan mencuci muka adalah dengan mengeringkan wajah. Jika anda melakukannya dengan menggunakan handuk yang juga anda pakai untuk mengeringkan tubuh, maka jamur dan bakteri yang menempel hanya akan berpindah ke kulit wajah. Untuk itu, selalu sediakan handuk khusus untuk mengeringkan wajah. Atau, anda bisa mengusap pelan kulit wajah anda untuk mengurangi kadar air yang menempel lalu menepuk-nepuk ringan atau mendiamkannya agar mengering secara alami. Cara ini akan lebih aman untuk anda.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge