Tanaman Ilalang Berkhasiat Redakan Sakit Gigi

Nama lokalnya rumput kucing, ekor anjing. Nama latinnya Setaria faberi, dari famili Poaceae. Nama asingnya da go wei cao (Cina).

rumput-ilalang

Tanaman semusim ini berbatang tegak setinggi 50-120 cm, berbuku-buku, dan berongga, memiliki rambut pada puncaknya. Bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai 2.000 m diatas permukaan laut. Tumbuh liar ditanah gembur yang kaya sinar matahari. Daunnya panjang 10-40 cm, berujung lancip. Bunganya bentuk bulir, berwarna cokelat, bertangkai panjang.

Ilalang biasanya tersedia di lahan-lahan kosong berumput. Bagian yang digunakan untuk obat : Seluruh tanaman (segar ataupun kering).

Khasiat ilalang bersifat mendinginkan dan membunuh serangga. Sering digunakan sebagai obat alergi, sakit gigi, ruam kulit karena keringat (rubela), dan lain-lain.

Resep herbal sederhana :

  1. Sakit gigi : 50 g akar ilalang direbus dengan 2 gelas air, sampai tersisa 1 gelas. Saring, buang ampasnya, lalu tambahkan telur pada airnya, rebus sampai telur matang. Airnya diminum, telurnya dimakan.
  2. Ruam kulit, alergi : 25 bulir bunga direbus dengan 400 ml air sampai tersisa 200 ml. Tambahkan 20 ml arak manis untuk diminum.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge