Tanaman Kembang Sungsang Dapat Mengatasi Bisul dan Rematik

Tanaman kembang sungsang memiliki nama lokal : kembang jonggrang, kembang  kuku macan, dongkel sungsang, pancingtawa, mondalika (Jawa), katongkat (Sunda), mandalika (Madura, Bali). Nama latin: Gloriosa superba, dari famili Liliaceae. Nama asing: cia lan, huan paihe (China), superb lily (Inggris).

tanaman=kembang-sungsang

Tanaman asal Amerika dan Afrika kawasan tropis ini termasuk tumbuhan liar di hutan-hutan, namun kemudian sering digunakan sebagai tanaman hias yang dirambatkan di pagar rumah atau atap pergola.Tanaman menahun ini menyukai sinar matahari langsung, tumbuhan ini berbunga pada awal musim hujan. Batangnya lunak, bisa memanjat dengan sulur di ujung daun. Daunnya tunggal, panjang, meruncing. Bunganya memiliki mahkota berjumlah 6 lembar, bagian atas merah, pangkalnya kuning yang akan berubah menjadi  merah semuanya. Buahnya kecil-kecil, dengan banyak biji. Akarnya memiliki rimpang cukup besar. Pembiakan tanaman dengan biji atau rimpang.

Tanaman ini tersedia di penjual tanaman hias. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah rimpang.

Khasiat kembang sungsang : rimpangnya beracun tapi memiliki efek mendingingkan, meredakan nyeri dan bengkak. Sering dimanfaatkan sebagai obat rematik, panas tinggi, kram, kulit bengkak, bisul, dan gatal-gatal.

Resep sederhana:

  1. Bisul, gatal-gatal: umbi secukupnya diparut, lalu dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.
  2. Rematik: 5 g rimpang direbus, airnya diminum secara teratur.



One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge