Tanaman Kemuning Untuk Kesehatan dan Kebugaran Anda

Kita tentunya sudah tau bahwa bagaimanapun juga obat herbal pasti lebih baik daripada obat kimia apalagi obat warung untuk menyembuhkan berbagai penyakit berat maupun ringan. Namun kebanyakan orang mencari jalan pintas dengan membeli obat sembarangan di warung daripada harus mencari tumbuhan yang bisa menyembuhkan penyakit mereka. Oleh karena itu, ada baiknya kita memiliki apotek hidup dirumah yang berisi tanaman-tanaman yang bisa menyembuhkan dan menghindarkan kita dari berbagai penyakit agar kita berhenti tergantung pada obat-obat kimia. Salah satu tumbuhan yang harus ada di apotek hidup rumah anda adalah tanaman kemuning. Tanaman ini memiliki sangat banyak manfaat bagi kesehatan anda.

Tanaman ini memiliki beberapa nama di daerah tertentu misalnya di Sunda, Menado dan Makassar dikenal dengan nama kamuning, di Jawa dikenal dengan nama kumuning, di Bali dikenal dengan nama kemoning, di Bima dikenal dengan nama kamuni dan di Ambon dikenal dengan nama kamoni. Tanaman kemuning ini memiliki banyak kandungan yang bisa bermanfaat bagi kesehatan anda, diantaranya adalah cadinene, methyl-anthranilate, bisabolene, B-caryophyllene, geraniol, carene-3, eugenol, citronellol, methyl-salicylate, paniculatin, tanindancoumurrayinpadadaun, sertascopoletinpadabungadan semi-a-carotenonepadabuah. Satu hal yang khas pada tanaman kemuning adalah wanginya yang tajam terutama di malam hari.

Penyakit yang bisa disembuhkan dengan tanaman kemuning yang pertama adalah bisul. Untuk mengobati bisul, yang akan anda perlukan adalah 30 gram akar kemuning yang dicuci dan dipotong-potong sesuai selera anda. Kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih sampai air tersisa 1 gelas lalu saring dan minumlah setelah dingin. Disarankan untuk meminum ½ gelas setiap 2 kali sehari. Kemuning juga bisa mengobati rematik, keseleo dan memar dengan cara memotong-motong 15 – 30 gram akar kemuning kering dan mencampurkannya dengan ½ gelas air dan ½ gelas arak. Rebus semua campuran tersebut hingga tersisa 1 gelas dan minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Kemuning juga bisa menghilangkan nyeri sendi karena rematik. Caranya adalah mencampurkan akar kemuning dengan akar tembelekan atau lantana camara dan 3 pasang kaki aya. Setelah semua bahan dicuci dan dipotong sesuai selera anda, masak dengan cara di tim dan minumlah airnya yang masih hagat. Selain itu, tanaman kemuning juga bisa membantu anda mengatasi masalah sakit gigi. Cukup bakar kulit batang kemuning dan ambil minyak yang keluar dari kulit batang kemuning tersebut dan teteskan pada gigi yang berlubang atau sakit.

Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan, kemuning juga bisa membantu anda untuk melangsingkan badan. Cara pengolahan ramuannya adalah dengan mencampurkan daun kemuning segar dengan daun mengkudu dengan porsi masing-masing segengam penuh. Campurkan juga dengan ½ jari kelingking temu giring, tumbuk semua bahan sampai halus. Setelah itu, tambahkan 1 cangkir air matang dan aduk hingga rata. Setelah rata, peras dengan kain dan ambillah air perasan untuk diminum setiap pagi sebelum makan.

Selain itu, tanaman kemuning juga bisa mengobati penyakit infeksi saluran kencing. Untuk mengobati infeksi saluran kencing, campurkan 35 gram daun kemuning yang sudah dicuci bersih dengan 3 gelas air bersih. Setelah itu, rebus hingga air tersisa hanya separuh lalu saring dan bagi menjadi 3 porsi setelah dingin, yaitu masing-masing setengah gelas untuk anda minum 3X dalam satu hari.



One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge