Tips Cara Alami Memutihkan Gigi

Gigi yang bersih dan putih tentunya dapat memberikan kepercayaan diri yang tinggi bagi setiap orang. Jika kebersihannya akan membuat gigi menjadi lebih sehat, maka gigi yang putih akan terlihat sangat menarik, sekaligus juga menjadi tanda bahwa pemilik gigi tersebut selalu rajin membersihkan dan memperhatikan kesehatan giginya. Oleh karena itu, banyak orang yang sangat menginginkan gigi yang bersih dan juga putih.

Sebagian besar orang memilih cara instan untuk mendapatkan gigi yang putih, misalnya dengan melakukan kontrol setiap waktu ke dokter gigi. Melalui cara tersebut, mereka akan meminta dokter gigi untuk memutihkan gigi secara cepat dengan bantuan berbagai alat kedokteran gigi. Tapi, cara seperti ini terkadang dapat memberikan dampak negatif. Oleh karena itu, cara alami memutihkan gigi sepertinya jauh lebih tepat untuk dilakukan.

Untuk memutihkan gigi secara alami, kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Gigi yang berwarna kuning dan terlihat pudar biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Tetapi, hal yang paling berpengaruh adalah gaya hidup yang tidak sehat, misalnya karena kebiasaan merokok atau suka mengonsumsi makanan yang dapat merusak gigi. Bagi Anda yang ingin mencoba memutihkan gigi secara alami, berikut ini beberapa tipsnya.

  1. Menggosok gigi secara teratur
    Cara ini adalah yang paling utama untuk menjaga kebersihan gigi dari sisa-sisa makanan yang kita makan. Dengan kebersihan yang terjaga, maka warna putih pada gigi akan ikut bertahan lama, karena zat-zat perusak yang biasanya menempel di gigi setelah makan akan terangkat dan terbuang. Oleh karena itu, lakukanlah menggosok gigi secara teratur, minimal dua kali sehari, yakni pada pagi hari setelah benagun tidur, dan sebelum tidur pada malam hari.
  2. Berhenti merokok
    Ada banyak kebiasaan tidak sehat yang dapat merusak gigi dan membuatnya berwarna pudar. Salah satunya adalah kebiasaan merokok. Zat nikotin yang terdapat pada rokok bisa mengakibatkan gigi berwarna kuning. Selain itu, alkohol juga memiliki efek sama, karena zat-zat yang terkandung di dalamnya. Tidak hanya itu, kedua kebiasaan tidak sehat itu tentunya juga bisa merusak kesehatan Abda. Karena itu, hentikanlah kebiasaan itu dari sekarang.
  3. Biasakan mengunyah permen karet
    Permen karet dipercaya sebagai salah satu bahan alami untuk memutihkan gigi. Tapi, jangan juga sembarangan menguyah permen karet. Karena, permen karet yang mengandung pemanis buatan dari zat-zat kimia, malah akan merusak gigi dan membuat gigi jadi tidak sehat. Untuk mendapatkan gigi yang putih secara alami, maka kunyahlah permen karet yang mengandung zat xylitol, yang juga merupakan pemanis buatan, tetapi berasal dari tanam-tanaman.
  4. Perbanyak konsumsi buah
    Buah-buahan yang disarankan agar gigi putih secara alami, adalah buah stroberi dan apel. Buah stroberi mengandung asam malat yang memiliki khasiat mengubah warna gigi menjadi lebih putih. Caranya, Anda tumbuk satu buah stroberi matang dan gosokkan pada gigi. Kmeudian, diamkan sekitar 5-10 menit, lalu sikatlah gigi dengan pasta gigi. Sedangkan buah apel, dapat membersihkan gigi secara alami, saat Anda memakan buah ini.
  5. Berkumurlah setelah makan
    Terkadang kita sangat malas atau tidak sempat menggosok gigi setelah makan. Padahal, banyak sekali sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi, dan jika dibiarkan maka lama-kelamaan akan menyebabkan gigi menjadi kuning. Sebagai gantinya, maka biasakanlah untuk berkumur setelah makan. Dengan cara yang satu ini, maka sisa-sisa makanan akan terbuang dari gigi. Tapi, sebisa mungkin, usahakan juga untuk membiasakan menggosok gigi.
  6. Rajin ke dokter gigi
    Yang satu ini memang tidak termasuk cara alami memutihkan gigi. Tapi, cara ini perlu dilakukan agar kesehatan gigi kita bisa terkontrol secara teratur melalui orang yang tepat, yaitu dokter gigi. Ingat juga, datang ke dokter gigi bukan berarti menyarankan untuk memutihkan gigi secara instan, tetapi dengan tujuan untuk memeriksakan kesehatan gigi, agar benar-benar terawat dengan baik. Karena itu, tetap perlu dilakukan kontrol ke dokter gigi.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge