Tips Tepat Mencuci Wajah

cuci mukaMencuci wajah merupakan salah satu bagian penting dalam menjaga kecantikan wajah seorang wanita. Apalagi bagi Anda wanita karir yang kesehariannya harus tampil cantik dengan polesan make up di atas kulit wajah. Bekas make up itu jika tidak segera dibersihkan akan membuat wajah terlihat kurang bersih. Akibatnya akan sangat beragam. Mulai dari timbulnya berbagai masalah kulit seperti jerawat, komeda, kerutan dan juga membuat kulit wajah terlihat menghilang. Hal itu tentunya akan sangat dihindari oleh para wanita karena akan membuat penampilan tidak perfect lagi.

Meskipun mencuci wajah sudah menjadi kebiasaan, mungkin ada beberapa wanita bertanya kenapa wajah mereka masih terlihat kotor dan kusam sehingga menimbulkan masalah seperti kulit berminyak maupun jerawat yang muncul di pipi. Ternyata masalah ini terjadi karena langkah mencuci wajah yang salah. Ya, tanpa disadari masih banyak wanita yang melakukan kesalahan dalam proses pembersihan wajahnya. Mau tahu apa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan tapi banyak yang tidak menyadarinya? Yuk, kita ulas secara lengkap.

Kesalahan dalam Mencuci Wajah
Ada beberapa kesalahan dalam mencuci wajah sehingga membuat Anda mengalami masalah kulit wajah. Kesalahan ini banyak yang tidak menyadari karena tidak sedikit wanita yang menganggap remeh masalah membersihkan wajah. Sehingga mereka asal-asalan saja melakukannya. Jika tidak ingin masalah kulit wajah mulai datang, simaklah beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam mencuci wajah.

Kebersihan Tangan
Tangan sebagai bagian tubuh yang bersentuhan langsung dengan kulit wajah ketika mencucinya, tentunya harus dijami kebersihannya. Idealnya sebelum mencuci wajah, maka telapak tangan harus dicuci dahulu hingga bersih. Jika tangan kurang bersih, sama saja Anda mengirimkan bakteri baru dari tangan ke kulit wajah. Jadi pastikan mencuci tangan hingga bersih sebelum mencuci wajah.

Temperatur Air
Idealnya ketika mencuci wajah, gunakan air dingin ataupun air hangat ruam-ruam kuku. Basuh hingga merata keseluruh bagian wajah sebelum mengolesinya dengan sabun. Hindari menggunakan air panas karena akan membuat pori-pori terbuka yang bisa menyebabkan kulit mengeluarkan minyak setelah dikeringkan.

Pilih Sabun Muka yang Tepat
Sabun muka sekarang ini jumlah sudah sangat banyak. Jadi perlu perhatian ekstra untuk memilih mana sabun muka yang paling tepat. Jangan mudah tergiur oleh iklan kalau hasilnya malah membuat kulit wajah Anda semakin rusak. Carilah informasi mendalam baik melalui internet ataupun bertanya kepada ahlinya.

Basuh Hingga Bersih
Setelah proses pembersihan selesai, basuhlah wajah hingga bersih dari sabun. Sabun yang tetinggal dan akhirnya mongering akan membuat kulit kesat dan kusam. Basuhlah muka secara perlahan dan jangan terburu-buru. Gunakan air mengalir agar sabun benar-benar bersih dari wajah Anda.

Kebersihan Handuk
Proses mengeringkan wajah juga harus diperhatikan. Gunakan handuk dengan permukaan lembut. Lakukan dengan menepuk-nepukkan permukaan handuk ke wajah. Jangan menggosoknya dengan kencang karena akan membuat permukaan kulit menjadi kasar. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan handuk agar tidak ada bakteri yang berpindah ke wajah setelah dibersihkan.

Itulah beberapa cara tepat mencuci wajah. Jika cara ini sudah dilakukan dengan benar tapi masalah kulit wajah masih datang, cobalah berkonsultasi ke dokter terpercaya.

 

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge